Ayam, Sang Primadona Dunia Kuliner

Ayam, Sang Primadona Dunia Kuliner. Rasanya tak berlebihan jika ayam diberi gelar seperti itu. ­čśÇ Karena, ayam memang tidak terpisahkan dari dunia kuliner. Selain rasanya yang enak, dagingnya yang empuk, mengolahnya juga mudah.

Baik di kota besar maupun di daerah, hidangan ayam menjadi unggulan. Ayam termasuk daging yang paling banyak dimasak karena mudah diperoleh, mudah diolah, dan variasi masakannya pun banyak. Karena itu, meski sering disajikan, masakan ayam tidak pernah membosankan. Mulai dari ayam goreng kering hingga masakan ayam berkuah banyak,  seperti sup dan soto.

ayam, sang primadona dunia kuliner
gambar diambil dari www.pixabay.com

Hidangan ayam utuh selalu mengesankan. Begitu pula setelah dipotong-potong, setiap bagiannya bisa diolah menjadi masakan yang menarik. Cuma, repotnya, bagian-bagian ayam berlainan kelezatannya. Ada bagian yang banyak daging dan empuk, sementara bagian lainnya lebih banyak tulangnya.

Agar setiap bagian dapat dimanfaatkan secara efisien dan bentuknya menarik, ayam perlu dipotong menggunakan teknik khusus. Ada potongan ayam dengan tulang atau tanpa tulang, dipotong tipis atau lebar. Setiap potongan tersebut bisa diolah menjadi masakan yang menggiurkan.

Daging ayam yang dipotong kecil dengan tulangnya bisa dibuat ayam goreng mentega atau pepes. Sementara yang dipotong tipis lebar tanpa tulang bisa digulung lalu diisi.

Memasak ayam tidaklah sulit. Daging ayam rasanya netral dan mudah menyerap bumbu. Teknik masak apapun seperti tumis, panggang, rebus, bahkan pengasapan sekali pun, menghasilkan hidangan ayam yang layak dibanggakan.

 

ayam, sang primadona dunia kuliner
gambar diambil dari www.pixabay.com

Tips Memilih Dan Menyimpan

Ayam potong yang baik, baunya tidak busuk, kulitnya mulus, tidak berlendir, dan dagingnya tidak kebiruan. Di pasar swalayan, kita dapat memilih daging ayam segar utuh atau potongan maupun ayam beku. Jika memilih ayam beku, perhatikan bungkusnya. Jangan memilih yang sudah cacat kemasannya karena ayam mudah terkena bakteri. Jika memilih ayam hidup, pilihlah ayam yang matanya aktif dan waspada, berbulu mulus, dan berdaging padat.

Untuk penyimpanan jangka pendek (selama 1-2 hari), setelah dibungkus plastik, daging ayam cukup disimpan dalam chiller. Jika disimpan dalam freezer, daging ayam bisa tetap bagus selama 6 bulan.

Kiat Memasak

Pda umumnya, tidaklah soal hendak menggunakan ayam kampung, ayam buras, ataupun ayam broiler. Ayam muda, (beratnya ± 1kg) dagingnya empuk, lembut, dan manis rasanya, cocok untuk dipanggang, dibakar, ditumis atau digoreng. Sedang ayam tua (berat ± 1 1/2kg atau lebih) dagingnya agak liat tapi rasanya gurih. Ayam tua biasanya diambil kaldunya untuk sop atau soto. untuk masakan khas Indonesia yang direbus lama, seperti gulai, opor, atau kalio, lebih cocok jika memakai ayam kampung.

ayam, sang primadona dunia kuliner
gambar diambil dari www.pixabay.com

Jadi, tunggu apalagi?

Masih ragu-ragu untuk memasak ayam?

 

^_^

 

 

 

Leave a Comment