Kota Pertama

Tembok kota Yeriko, di tepi Sungai Yordan berusia 11.000 tahun. Kota ini adalah kota pertama dan tertua di dunia yang terus menerus ditempati orang.

Manusia mulai hidup di perkotaan setelah ladang memroduksi lebih banyak makanan. Karena itu, mereka punya kesempatan untuk mendalami keterampilan tertentu, seperti membuat keranjang dan berdagang.

Perdesaan dan perkotaan diperkirakan pertama kali dibangun di Timur Dekat pada Zaman Neolitikum, sekitar 8.000 SM.

Tell adalah gundukan yang dibangun pada permukiman kuno di Timur Dekat dan Timur Tengah, karena rumah yang mereka buat dari batu lumpur ambruk.

Kota kuno paling terkenal adalah Catal Hüyük, di Anatolia, Turki. Kota ini telah didiami sejak 7.000 – 5.000 SM. Sebanyak 10.000 orang diperkirakan pernah hidup di sana.

Rumah di Catal Hüyük dibuat dari lumpur keras yang dilapisi plester. Beberapa ruangannya digunakan sebagai ruang suci, di dalamnya ada kepala sapi jantan dan ibu para dewa-dewi.

Rumah di Catal Hüyük letaknya sangat berdempetan sehingga para penduduk berjalan di atas atap rumah yang rata untuk bertemu. Mereka turun melalui lubang yang bertangga.

Asikli Hüyük adalah kota yang letaknya dekat Catal Hüyük, sudah ada lebih dari 1.000 tahun sebelum Catal Hüyük.

Kota besar pertama adalah Eridu di Mesopotamia (Tell Abu Shahrain, Irak). Kota ini punya sebuah kuil dan diperkirakan sudah ada sejak 4.900 SM.

50.000 orang tinggal di Uruk (sekarang Warka), Sumeria, di tepi Sungai Efrat, Irak, pada tahun 3.500 SM.

Ur Sumeria adalah kota pertama yang penduduknya mencapai seperempat juta orang, sekitar tahun 2.500 SM.

 

 

 

Leave a Comment

Instagram