Brownies, Si Hitam Manis

fudge-brownies-1235430_1280

Brownies merupakan kue khas dari Amerika, penuh cokelat dan kaya lemak. Bentuknya sangat sederhana, hanya berbentuk persegi kecil. Penampilannya pun tidak menarik, warnanya cokelat kehitaman, dan permukaannya tidak mulus. Tapi, rasa legit cokelat pekat dan berlemak itulah yang membuatnya jadi kue favorit anak-anak maupun orang dewasa.

Di Indonesia, belakangan ini, brownies semakin populer dan banyak dijual dalam berbagai kemasan. Salah satu alasannya, karena cara membuatnya yang tergolong mudah.

Ada bermacam-macam brownies, tergantung selera orang. Ada brownies yang teksturnya mirip cake, ada yang padat dan sarat kacang, chocolate chip, kelapa parut, dan lainnya. Ada pula yang diberi lapisan frosting di atasnya.

Brownies dibuat dengan mentega dan cokelat yang cukup banyak (250 gram mentega dan 300 gram cokelat masak). Tetapi, ada juga yang hanya memakai 2 sdm mentega ditambah 60 gram cokelat untuk setiap 100 gram tepung terigu. Namun, yang paling enak dan banyak digemari adalah yang klasik, yaitu yang pekat dengan cokelat dan lembab karena mentega, serta legit ketika digigit. Istilah kerennya ‘chewy‘ (enak dikunyah).

brownies-545062_1280

J E N I S

Brownies pada dasarnya terdiri atas dua variasi. Brownies yang asli, teksturnya padat dan terasa berat, dibuat dari telur, tepung, gula, dan cokelat dengan banyak mentega tanpa hiasan atau frosting apapun supaya rasa cokelat aslinya muncul. Karena itu, brownies jenis ini membutuhkan kualitas cokelat yang baik.

Brownies yang lain teksturnya lebih ringan, mirip cake. Meskipun tidak sepekat yang asli, brownies jenis ini masih kaya cokelat.

teatime-1543197_1920-copy

 

KIAT SUKSES MEMBUAT BROWNIES

B A H A N

Bahan dasar yang paling menentukan kualitas brownies adalah cokelat dan mentega atau margarin.

  • Cokelat. Untuk membuat brownies yang berkualitas prima, pilih cokelat yang baik. Cokelat yang dipakai bisa berupa :
    • cokelat masak, terutama yang dark tanpa campuran susu. Paling disukai karena banyak mengandung banyak lemak dan warnanya pekat. Cara memakai cokelat jenis ini, selalu lelehkan ulu dengan cara ditim.
    • cokelat bubuk, rasa cokelat akan terasa lebih kuat jika memakai cokelat bubuk dan tidak berlemak sehingga menguntungkan bagi mereka yang memerhatikan berat badan. Untuk mendapatkan cita rasa cokelat yang lebih intens, campur cokelat bubuk dengan air.
    • kombinasi, ini merupakan jalan lain untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua jenis cokelat, yaitu : cokelat yang intens dan lemak yang lebih sedikit.
  • Isian. Bahan isian bisa berupa kacang mete, kacang tanah/almond atau jenis kacang-kacangan lain yang telah disangrai, buah kering, kelapa parut, dan lain-lain sesuai selera. Jumlahnya paling banyak 160 gram untuk loyang 20x20cm.
  • Mentega. Paling baik tentunya mentega tawar, karena tidak memengaruhi rasa cokelat. Jika memakai margarin, pilih yang berkualitas baik dan kurangi garam.
  • Loyang. Ukuran loyang akan memengaruhi tekstur kue. Pakailah ukuran loyang yang dianjurkan untuk mendapatkan tekstur yang sama. Bila ukuran loyang lebih kecil, tekstur brownis yang dihasilkan mirip cake. Loyang yang lebih besar membuat kue jadi kering dan mudah patah.

MENGETES KEMATANGAN

Jika permukaan kue sudah mengeras meskipun agak goyang kalau dipegang, tandanya kue sudah matang. Tusuk kue dengan tusukan gigi/tusukan sate untuk mengetes kematangan. Jika tusukan gigi/tusukan sate licin/tidak lengket berarti kue sudah matang.

BROWNIES GAYA BARU

Perkembangan jaman telah menampilkan brownies bukan lagi sebagai kue sederhana untuk konsumsi anak-anak. Restoran canggih pun kini berlomba menyajikan brownies sebagai dessert yang aduhai. Untuk bereksperimen dengan brownies, kita tak perlu terpaku hanya pada loyang berbentuk persegi atau potongan kue berbentuk kotak. Brownies bisa dipotong kecil an disajikan sebagai parfait. Atau dicetak bundar dan dipotong seperti cake dan dipakai untuk alas es krim. Adonan brownies juga sekarang sering digunakan untuk isi tarlet.

ice-cream-1613798_1280

***

Tips :

Tidak seperti kue-kue lain, jangan terlalu lama memanggang brownies, karena kue akan menjadi kering. Apalagi jika kita ingin membuat brownies yang legit dan chewy.

Leave a Comment