Leci, Si Tertua di Kebun Raya

Kita menyebutnya Leci..

atau Lici..

atau Lychee..

atau Litchi..

Siapa yang tak kenal buah satu itu?

Buah yang sekilas bentuknya mirip rambutan tapi tak memiliki rambut pada kulitnya. Kulit  buah yang berduri tapi tidak setajam kulit durian. Buah dan bijinya mirip buah kelengkeng. Rasanya manis dan segar.

Sudah pernah lihat pohonnya?

Yup, gambar di bawah ini. 😀

 

2016-05-04_20.08.14
pohon leci, pohon tertua di KRB

Foto pohon di atas itu, saya ambil di Kebun Raya Bogor seminggu yang lalu.

Pohon yang besar. Sangat bueeesaaaaarrrr..

😀

Sekilas tentang  pohon leci.

Tinggi pohon leci bisa mencapai 15-25 meter dengan diameter batangnya 0,5 sampai dengan 1,5 meter.

Pohon buah-buahan yang memiliki nama latin Litchi chinensis ini berasal dari China Selatan dan dapat dijumpai di daerah beriklim tropis dan sub tropis, seperti  India, Asia Tenggara, Hawaii, Brazil, dan Florida. Merupakan suku dari Sapindeceae atau suku lerak-lerakan. Berkerabat dekat dengan Nephelium.

Biasanya, pohon ini dikembangbiakkan dengan cara biji dan cangkok. Namun, perkembangbiakkan dengan cara biji akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai pohon menghasilkan buah. Di masa sekarang, sudah banyak dijumpai pohon leci yang ditanam di dalam pot. Umumnya, pohon ini berbunga pada bulan Agustus dan Oktober, dan akan berbuah masak pada bulan Pebruari sampai Maret. Tapi, di Jawa Barat, pohon ini berbunga pada bulan Maret dan September.

Seperti yang kita tahu, buah leci dapat dimakan langsung, meski yang sering kita jumpai saat ini lebih banyak dalam bentuk olahan, seperti permen, sirup, selai, makanan kalengan, dsb. Karena rasanya yang manis dan segar (mengandung banyak air), buah leci ini memang sangat cocok dijadikan bahan makanan atau minuman.

Selain rasanya yang lezat, buah leci pun sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Konon, di China, akar, kulit pohon, daun, dan bunganya digunakan untuk bahan obat-obatan.

Meski nilai jual buah leci termasuk tinggi dibanding nilai jual buah lainnya namun leci tetap menjadi salah satu buah kesukaan masyarakat.

C360_2016-04-30-09-31-52-984[1]

Pohon leci di foto ini merupakan pohon tertua di Kebun Raya Bogor yang ditanam pada tahun 1823. Letaknya, dari pintu masuk utama, di sisi sebelah kanan Danau Gunting Kebun  Raya Bogor. Tapi, meski sudah tua, pohon ini termasuk salah satu pohon raksasa yang ada di Kebun Raya Bogor.

Sungguh berharap, pohon yang sudah mencapai usia ratusan tahun ini tak tumbang dalam waktu dekat. Mengingat usianya yang sudah sangat sepuh dan kondisi cuaca di Bogor yang sarat dengan hujan lebat, petir, dan angin kencang. Mudah-mudahan, ‘beliau’ semakin panjang umur dan sehat wal’afiat. 😀

^_^

Leave a Comment