Zaman Batu

Zaman batu adalah zaman sebelum manusia menemukan logam. Untuk membuat peralatan, pada zaman ini, manusia hanya menggunakan batu.

Peralatan batu pada zaman ini dibuat dari batuan yang sudah dipecah-pecah untuk dibentuk menjadi palu, tombak dan mata panah, pisau, dan alat pengerik.

Manusia pada zaman ini biasanya menggunakan batuan lokal, tapi terkadang mereka memperoleh batuan yang kualitasnya lebih bagus dari tempat jauh.

Orang Eropa zaman ini banyak menggunakan batu api. Sedangkan orang Afrika menggunakan batu kuarsa, batu sedimen, basal, dan obsidian.

Di Eropa ada tiga Zaman Batu : Tua (Paleolitikum), Tengah ( Mesolitikum), Baru (Neolitikum)

Zaman Paleolitikum dimulai sejak 2 juta tahun lalu ketika nenek moyang manusia mulai mengumpulkan tumbuhan dan berburu dengan senjata yang terbuat dari batu.

Zaman Mesolitikum adalah transisi dari Zaman Batu Tua ke Zaman Batu Baru, setelah Zaman Es Terakhir berakhir, kurang lebih 12.000 tahun lalu.

Manusia Mesolitikum berburu dengan busur dan panah serta batu api yang telah dibentuk menjadi tombak.

Zaman Neolitikum adalah masa saat manusia mulai hidup menetap dan bercocok tanam. Pertama kali terjadi di Timur Tengah, kira-kira 10.000 tahun yang lalu.

Pada tahun 1981, sebuah batu koral berumur setengah juta tahun yang telah dibentuk menjadi bentuk sesosok perempuan ditemukan di Berekhat Ram di Golan Heights, Israel.

Arca Venus adalah arca wanita yang berasal dari sekitar 25.000 tahun lalu, ditemukan di Eropa, di Republik Ceko.

Leave a Comment