Asal-Usul Manusia : Neandertal dan Lainnya

Hominid muncul di Eropa sekitar 800.000 tahun yang lalu. Yang tertua disebut Homo antecessor. Mungkin, termasuk ke dalam Homo erektus atau lainnya.

800.000-600.000 tahun yang lalu, Homo heidelbergensis muncul di Eropa, Asia, dan Afrika.

Banyak fosil Hominid awal ditemukan di Afrika. Banyak spesies, termasuk manusia modern, muncul pertama kali di Afrika, kemudian bermigrasi ke tempat lain.

Heidelbergensis mungkin merupakan satu-satunya spesies yang datang dari Afrika, atau spesies-spesies yang lain yang berevolusi di tempat-tempat yang berbeda.

Heidelbergensis memiliki banyak ciri yang sama dengan Erektus tapi ciri lainnya sudah mendekati manusia modern. Untuk pertama kalinya, ada spesies yang otaknya sebesar otak manusia sekarang.

Heidelbergensis memiliki kemampuan baik dalam membuat peralatan dari batu. Mereka membuat mata pisaunya terlebih dahulu, kemudian membentuk pisaunya dalam sekali pukulan.

Heidelbergensis adalah nenek moyang Neandertal yang tinggal di Eropa dari 250.000-300.000 tahun yang lalu.

Nama Neandertal berasal dari Lembah Neander di Jerman. Fosil-fosil spesies ini ditemukan pada tahun 1856.

Ukuran tubuh Neandertal sedikit lebih pendek dari manusia modern, tapi lebih kuat, dan otaknya lebih besar. Mereka merupakan spesies pemburu yang hebat.

Biasanya, Neandertal menguburkan kerabat mereka yang telah meninggal dengan mempersembahkan bunga sebagai tanda penghormatan.

Neandertal tinggal di Kroasia sekitar 2.800 tahun yang lalu, lama setelah manusia modern. Tidak ada yang mengetahui mengapa mereka punah.

 

Leave a Comment